CONTOH IKLAN DAN PENJELASANNYA

January 12, 2010 fitrijunita
Tags:

CONTOH IKLAN DAN PENJELASANNYA.

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Permasalahan

Iklan merupakan salah satu instrumen pemasaran modern, yang aktivitasnya didasarkan pada konsep komunikasi. Oleh karena merupakan bentuk komunikasi, maka keberhasilannya dalam mendukung program pemasaran merupakan pencerminan dari keberhasilan komunikasi. Bagi sebagian perusahaan iklan melalui media elektronik (televisi) menjadi alternatif pilihan yang menarik, disamping jangkauannya luas, juga adanya unsur hiburan sangat mendukung pembentukan persepsi konsumen terhadap suatu produk.

Seringkali iklan menjadi perhatian penting karena selain posisinya yang strategis (mampu menjangkau konsumen secara luas) juga memerlukan biaya yang cukup besar. Besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk periklanan (terutama iklan di media televisi) menjadikan perusahaan harus berhati-hati dan lebih bijak dalam membelanjakan dananya.

Iklan sebagai salah satu elemen promosi merupakan suatu strategi yang umum dipakai oleh perusahaan untuk mengenalkan dan memperkuat posisi produk di tengah persaingan bisnis yang semakin mengglobal. Meski demikian, seringkali iklan menjadi sumber pengeluaran yang besar tanpa mampu memberikan return yang memuaskan.

Implikasi atas hal ini adalah secara umum dapat dikatakan bahwa perhatian produsen terhadap pasar dan konsumen tumbuh sangat cepat. Ini berarti iklan telah berfungsi sebagai ujung tombak perusahaan dalam menembus pasar yang semakin ketat. Namun meskipun iklan menjadi pilihan yang menarik bagi perusahaan, iklan bukanlah satu-satunya elemen penentu yang mampu meningkatkan penjualan karena masih ada elemen bauran pemasaran lainnya yaitu produk, harga, dan distribusi yang ikut serta menentukan berhasil tidaknya penjualan. Selain itu iklan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit, oleh karenanya iklan harus dirancang sedemikian rupa dengan pertimbangan yang matang agar tujuan yang hendak dicapai melalui iklan dapat efektif. Agar suatu pesan iklan menjadi efektif proses pengiriman harus berhubungan dengan proses penerimaan si penerima, untuk itu komunikator harus merancang pesan agar menarik perhatian sasarannya.Dengan kata lain bahwa iklan yang baik berujung pada pengertian iklan yang efektif artinya mampu dalam mencapai tujuan yang ditetapkan dalam periklanan itu sendiri.

Menghadapi persaingan yang begitu ketat di dunia bisnis, maka produsen harus melakukan kegiatan periklanan yang efektif, bukan hanya sekedar meyakinkan pelanggan namun juga untuk menarik minat konsumen baru. Iklan sebagai bagian dari promosi adalah salah satu strategi perusahaan dalam rangka memasarkan serta mengkomunikasikan produk mereka kepada konsumen. Penelitian ini difokuskan pada identifikasi penilaian penonton atas Iklan Mie Sedaap dengan bintang iklan grup musik Padi di TV. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana penilaian penonton atas iklan Mie Sedaap dengan bintang iklan grup musik Padi berdasarkan karakter, musik,dan gambar.  Apakah ada keterkaitan antara penilaian penonton tersebut terhadap minat beli Mie Sedaap .

Di Indonesia, persaingan  iklan produk mie instan dapat dikatakan cukup ketat, hal ini dipengaruhi oleh strategi perusahaan yang mengeluarkan lebih dari satu versi untuk iklan produknya. Contohnya adalah Mie Sedaap yang mengeluarkan tiga varian iklan untuk mengiklankan produknya yaitu versi  “Nusantara atau Indonesia”, versi “Band Padi”, dan versi “BTL”. Indofood dengan Indomie mengeluarkan lima varian iklan untuk produknya, yaitu versi “Rp 900″, versi “Anak Band” dan versi “AFI”, versi “Ga Bikin Eneg”, dan versi “Adik-Kakak”.

Debut Mie Sedaap yang melesat tinggi memang di luar perkiraan. Menurut majalah Swa tertanggal 26 Januari 2006, menyatakan bahwa produk Wings Food ini sudah berhasil meraih pangsa pasar sebesar 15 – 20 %, yang berarti Wings telah berhasil meraup sekitar 864 miliar rupiah per-tahun dari total pasar mie instan sebesar 8 triliun per-tahun. Sedangkan pemimpin pasar yaitu Indofood dengan produk Indomie telah meraup sebesar 75% dari total pasar mie instan. Nilai nominal yang dihasilkan oleh produk debut ini benar-benar luar biasa dan merupakan usaha yang sangat bagus untuk produk yang baru saja keluar. Wings tidak sekadar coba-coba dalam mengembangkan Mie Sedaap ini. Wings menyadari tidak mudah menembus benteng pertahanan Indofood yang citra produknya, yaitu Indomie sudah sangat bagus. Maka dari itu untuk mendapatkan hasil maksimal Wings membutuhkan waktu lebih dari dua tahun untuk melakukan riset hingga menemukan formula rasa yang pas dan berbeda dari yang sudah ada.

Perlu dicermati, bahwa saat ini pihak Wings Food telah mengeluarkan iklan versi ketiga untuk produk Mie Sedaapnya. Dan dalam iklan ini mereka tidak segan-segan dengan merekrut “Band Padi”  yang cukup ternama untuk ambil bagian dalam iklan tersebut. Iklan versi “BTL” dan “Nusantara atau Indonesia” merupakan pendobrak dalam benak konsumen untuk menginformasikan adanya produk baru yang lebih baik dan mencoba untuk mengambil alih citra dari Indomie, sedangkan iklan versi “Band Padi” ini merupakan kelanjutannya. Akan tetapi permasalahan yang muncul adalah seiring dengan pesatnya pangsa pasar yang naik tajam dalam kurun waktu 3 tahun untuk ukuran produk yang masih baru ini sebesar 15-20% dan tingginya biaya yang dikeluarkan dalam beriklan

Sangatlah menarik untuk diteliti mengingat produk ini baru saja muncul dan mengeluarkan iklan yang dapat dibilang mempunyai budget cukup tinggi dengan merekrut ‘Padi’ cukup di sayangkan bila dengan anggaran tinggi tetapi belum mampu berkomunikasi

Top of Form

Bottom of Form

Top of Form

Bottom of Form

Top of Form

Bottom of Form

About these ads

Entry Filed under: Campus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

January 2010
M T W T F S S
« Dec   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Most Recent Posts

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: